Pada bulan Mei yang lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) berhasil membukukan potensi transaksi mencapai USD 11,1 juta atau setara IDR 178 miliar dalam misi dagang ke Tashkent, Uzbekistan.
Misi ini bukan tanpa alasan, karena salah satu negara pecahan Uni Soviet yang juga mayoritas Muslim (35 juta jiwa) ini memiliki potensi besar untuk dijadikan pusat distribusi bagi produk-produk Indonesia dalam melakukan penetrasi di pasar Asia Tengah.
Aneka produk halal seperti makanan dan minuman, kosmetik dan perawatan tubuh, fesyen; produk hasil perkebunan yang meliputi kopi dan teh; tekstil dan produk tekstil; serta VCO, minyak kelapa sawit dan produk turunannya (sabun, margarin, dan mi instan), jadi yang paling banyak diminati.
Dalam lima tahun terakhir (2019-2023), total perdagangan kedua negara menunjukkan pertumbuhan positif dengan tren mencapai 49%. Pada periode Januari-Maret 2024 saja, total ekspor Indonesia ke Uzbekistan mencapai USD 3,3 juta. Kedepannya pemerintah Republik Indonesia terus menargetkan pertumbuhan yang signifikan, bahkan diatas 50% per tahun.
Anda tertarik menjadi bagian dari program pemerintah dalam meningkatkan kerjasama perdagangan dengan Uzbekistan? Pastikan Anda juga menyiapkan perlindungan atas Merek Anda, dengan mendaftarkan Merek Anda di sana. Bagaimana caranya? Artikel ini akan memandunya.
Manfaat Mendaftarkan Merek di Uzbekistan
Setidaknya ada 7 (tiga) manfaat jika Anda mendaftarkan Merek di Uzbekistan:
- Hak Eksklusif: Pendaftaran Merek memberikan Anda Hak Eksklusif untuk menggunakan, memberi lisensi, atau menjual Merek di Uzbekistan. Hal ini berarti mencegah pihak lain menggunakan Merek serupa yang dapat membingungkan konsumen.
- Perlindungan Hukum: Merek yang telah terdaftar memberikan perlindungan hukum terhadap pelanggaran dan penggunaan tidak sah oleh pihak ketiga. Jika terjadi pelanggaran, Pemilik Merek dapat mengambil tindakan hukum untuk melindungi hak-haknya.
- Strategi Branding: Merek terdaftar membantu membangun dan melindungi identitas Merek di pasar dan menjadi aset berharga untuk membangun loyalitas dan pengakuan pelanggan.
- Memberikan Nilai Komersil: Merek terdaftar dapat meningkatkan nilai komersil suatu bisnis. Karena Merek dapat digunakan sebagai agunan pinjaman atau dijual sebagai aset terpisah.
- Peluang Lisensi dan Waralaba: Dengan Merek terdaftar, Anda dapat melisensikannya ke pihak lain atau menjalankan bisnis waralaba, dan mendapatkan pemasukan tambahan.
- Perlindungan di Perbatasan: Merek terdaftar dapat dimasukkan datanya kedalam daftar Bea Cukai untuk mendapatkan perlindungan terhadap barang palsu yang masuk ke sana.
- Penggunaan Simbol ®: Jika di Indonesia simbol ® yang berarti Merek sudah terdaftar ini tidak berlaku atau tidak memiliki dasar hukum, Uzbekistan mengakui dasar penggunaannya, dan dapat Anda gunakan jika Merek Anda sudah sah terdaftar.
Merek yang Dapat Didaftarkan
Dengan posisi yang strategis dan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Asia Tengah, Uzbekistan menerima 15 ribu permohonan Merek per tahun, dimana lebih dari separuhnya berasal dari luar negeri. Sebagian besar Merek yang diajukan pendaftarannya ke Badan Kekayaan Intelektual Kementerian Kehakiman Uzbekistan berasal dari Amerika Serikat, Rusia, Swis, RRT, Korea Selatan, dan India.
Peminat yang tinggi ini dimungkinkan karena Uzbekistan merupakan bagian dari Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) yang telah mengakomidir Merek Tradisional dan Non-Tradisional. Maka, Anda dapat mendaftarkan tipe Merek sebagai berikut di sana:
- nama
- kata
- bentuk tiga dimensi tertentu
- logo
- slogan
- warna
- suara
- tampilan produk
- bau
- hologram
- rasa
- gerakan
- cahaya
- persentuhan
- merek kolektif
- merek jasa
- merek terkenal
Merek yang Tidak Dapat Didaftarkan
Sedangkan Merek yang tidak dapat didaftarkan di Uzbekistan adalah sebagai berikut:
- istilah umum
- istilah yang menipu
- merek yang bertentangan dengan standar moral atau ketertiban umum
- nama, bendera, atau simbol negara, bangsa, wilayah, atau organisasi internasional
- mengandung tanda sertifikasi atau label garansi
- lambang, penghargaan, atau simbol resmi yang digunakan di Uzbekistan
- merek yang tidak memiliki daya pembeda
- merek yang mengandung lokasi geografis
- merek deskriptif
- merek yang identik atau mirip dengan merek yang sudah terdaftar
- desain industri
- nama karya sains
- sastra dan seni yang dilindungi Hak Cipta
- nama tokoh sastra
- kutipan yang dilindungi Hak Cipta
- karya seni atau bagian-bagiannya
- nama atau potret orang yang terkenal di Uzbekistan
- merek yang merupakan bagian dari warisan sejarah dan budaya Uzbekistan
Tahapan Pengajuan Pendaftaran
Untuk dapat mendaftarkan Merek Anda melalui Badan Kekayaan Intelektual Kementerian Kehakiman Uzbekistan, tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Penelusuran Merek
Proses yang sangat dianjurkan untuk mengetahui apakah Merek yang ingin Anda daftarkan sudah terdaftar sebelumnya di Uzbekistan oleh pihak lain. Badan KI Uzbekistan sudah memiliki halaman khusus yang dapat diakses publik terkait Merek yang telah terdaftar, namun hanya tersedia dalam bahasa setempat. Maka dari itu Anda harus menggunakan halaman pencarian yang ada di Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) dan memilih Uzbekistan sebagai negara pencariannya, untuk mendapatkan hasilnya.
Atau Anda dapat menggunakan jasa Konsultan Merek terpercaya dengan jaringan internasional untuk melakukan proses ini. Dengan demikian Anda dapat menerima gambaran untuh mengenai berapa persen peluang dari Merek Anda dapat didaftarkan di Uzbekistan.
2. Pemeriksaan Formal
Setelah dokumen diterima, permohonan Anda akan diperiksa kelengkapannya, dan Anda akan dikabari kemudian apakah permohonannya perlu dilengkapi, atau dapat langsung dilanjutkan ke tahap selanjutnya.
Dokumen yang dibutuhkan untuk Pemeriksaan Formal ini adalah sebagai berikut:
- Surat Kuasa: Surat yang memberikan Anda kuasa kepada Konsultan Merek berpengalaman dan terpercaya untuk mewakili Anda dalam proses pengajuan permohonan Merek di Uzbekistan. Peran Konsultan ini sangat penting dalam mewakili Anda untuk memahami regulasi yang berlaku, serta kemungkinannya dalam mengambil tindakan hukum yang dirasakan perlu di masa depan, dalam setiap proses pendaftaran, termasuk biaya-biaya yang dibutuhkan.
- Deskripsi Merek: Gambar yang jelas atau deskripsi terperinci dari Merek yang ingin didaftarkan.
- Kelas Merek Barang dan/atau Jasa yang diajukan: Daftar kelas barang dan/atau jasa yang tepat, yang ingin Anda gunakan sebagai merek dagang atau jasa sesuai dengan Klasifikasi Nice.
- Informasi Pemohon: Nama lengkap dan alamat Anda.
- Dokumen Prioritas: Jika Anda telah mengajukan Merek yang sama di negara lain dalam waktu enam bulan terakhir, salinan resmi dokumen prioritas dapat digunakan untuk mengklaim prioritas.
- Bukti Penggunaan: Walaupun tidak diwajibkan dalam pengajuan permohonan, namun bukti penggunaan Merek dapat mempercepat proses pendaftaran.
- Terjemahan: Seluruh dokumen wajib diterjemahkan kedalam bahasa Uzbekistan atau Rusia.
3. Pemeriksaan Substantif
Pada tahap ini permohonan Anda akan diperiksa apakah kelas yang diajukan sudah memiliki deskripsi yang benar, memiliki informasi yang jelas, memiliki daya pembeda, tidak bertentangan dengan Merek yang sudah terdaftar atau Merek lain yang masih dalam proses, dan sudah sesuai dengan peraturan perundangan lainnya. Jika tidak ada kendala, Merek Anda akan dilanjutkan ke proses pendaftaran.
4. Pendaftaran
Selanjutnya Merek Anda akan dimasukkan ke dalam Daftar Merek Terdaftar Negara Republik Uzbekistan dan Anda akan menerima Nomor Pendaftaran serta Tanggal Pendaftaran. Namun untuk mendapatkan Sertifikat Merek, ada proses pengajuan terpisah dan biaya tersendiri.
5. Publikasi
Sama seperti proses yang berlaku di Kazakhstan, Uzbekistan juga tidak memberikan kesempatan kepada Pihak Ketiga atau mana pun untuk mengajukan keberatan dalam sebuah proses Publikasi. Seluruh proses pendaftaran ini tidak terbuka ke publik. Namun setelah Merek terdaftar, Badan Kekayaan Intelektual Uzbekistan akan mempublikasikannya secara berkala dalam sebuah buletin resmi.
Secara umum, jika tidak ada proses penolakan atau keberatan dari pihak lain, Merek Anda dapat terdaftar dalam waktu 12 hingga 14 bulan sejak permohonan diajukan.
Setelah Merek Terdaftar
Untuk menjaga perlindungan Merek Anda yang sudah terdaftar di Uzbekistan, beberapa aktivitas berikut ini perlu Anda perhatikan:
- Perpanjangan Merek:
Secara berkala Anda wajib memperpanjang masa perlindungan Merek Anda sebelum masa berlakukanya berakhir.
Masa berlaku perlindungan Merek di Uzbekistan sama seperti masa berlaku perlindungan Merek di Indonesia, yakni 10 tahun sejak tanggal permohonan.
-
- Pengajuan Perpanjangan:
Anda dapat mengajukan permohonan perpanjangan Merek dalam waktu 12 bulan sebelum masa perlindungan berakhir. - Masa Tenggang:
Jika Anda terlambat mengajukan permohonan perpanjangan hingga masa perlindungan berakhir, Anda dapat mengajukannya dalam waktu 6 (enam) bulan setelahnya, namun dengan membayar biaya keterlambatan. Jika Anda tidak juga melakukan perpanjangan setelah periode ini, Mereka Anda akan dihapus dari daftar Merek di Uzbekistan. - Dokumen yang Dibutuhkan:
Selain Surat Kuasa dan bukti pembayaran, detail informasi dari Merek yang berisi nomor pendaftaran dan informasi pemegang Merek juga dibutuhkan. Dalam pengajuan perpanjangan ini tidak dibutuhkan bukti dari penggunaan Merek.
- Pengajuan Perpanjangan:
- Pengawasan:
Walaupun Merek Anda telah resmi terdaftar, bukan tidak mungkin Ada pihak lain yang secara sengaja atau tidak, akan mengganggu hak eksklusif atas Merek yang Anda miliki. Apalagi saat proses pengajuan, tidak ada proses oposisi. Maka Anda wajib memantau hadirnya Merek yang menyerupai atau yang Anda anggap keberadaannya dapat membuat konsumen Anda di Uzbekistan bingung, untuk kemudian mengambil berbagai tindakan hukum yang tepat untuk dilakukan. - Penggunaan Merek:
Anda wajib menggunakan merek Anda secara aktif dalam kegiatan bisnis. Jika tidak digunakan dalam waktu 3 (tiga) tahun berturut-turut, Merek Anda dapat digugat penghapusan oleh pihak lain. - Pencatatan Perubahan:
Jangan lupa untuk melakukan pencatatan perubahan kepemilikan Merek Anda jika terjadi perubahan kepemilikian atas sebagian atau keseluruhan dari kepemilikan Merek barang dan/atau jasa yang Anda miliki.
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait pendaftaran Merek di Uzbekistan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email [email protected].
Sumber: