Seiring dengan berkembangnya bisnis Anda di Indonesia, maka sering kali ada permintaan barang atau jasa yang Anda datang dari konsumen yang ada di luar negeri. Dari 1 pesanan akhirnya tumbuh sampai dengan ribuan bahkan jutaan pesanan dengan nilai transaksi yang mungkin saja fantastis. Produk atau jasa Anda pun akhirnya semakin dikenal di luar negeri. Dan akhirnya yang paling ditakutkan terjadi:

Merek saya didaftarkan oleh orang lain di luar negeri!

Ketika Merek Anda didfatarkan di luar negeri oleh pihak lain, maka Anda dapat menderita kerugian yang tidak sedikit, baik itu secaran moral maupun finansial. Sebelum hal tersebut terjadi, kami sangat menyarankan Anda untuk mempertimbangkan pendaftaran Merek di luar negeri. Berikut adalah hal-hal yang Anda harus pertimbangkan sebelum melakukan pendaftaran Merek di luar negeri:

1. Cek budget dan skala prioritas usaha kamu!

Pendaftaran Merek di luar negeri tidak selalu mahal, namun kamu juga harus cek biaya yang diperlukan untuk melakukan penelusuran dan permohonan pendaftaran Merek kamu di luar negeri. Kamu mungkin tidak harus mengajukan di seluruh dunia, tapi bisa diprioritaskan untuk negara-negara tertentu.

2. Lakukan penelusuran Merek terlebih dahulu!

Penelusuran Merek di negara tujuan akan memudahkan kamu untuk menilai probabilitas pendaftaran Merek kamu di negara tersebut. Hal ini dapat meminimalisir over spending saat melakukan permohonan pendaftaran Merek di luar negeri.

3. Gunakan data prioritas permohonan pendaftaran Merek kamu di Indonesia sebagai dasar permohonan!

Di mayoritas negara anggota Konvensi Paris, kamu dapat mengajukan permohonan pendaftaran Merek menggunakan data prioritas permohonan Merek di Indonesia asalkan tidak lebih dari 6 bulan semenjak tanggal permohonan pendaftaran Merek di Indonesia.

4. Selalu simpan bukti permohonan Merek di luar negeri untuk monitoring lebih lanjut!

Setelah mengajukan Merek di luar negeri, maka kamu akan mendapatkan bukti permohonan pendaftaran Merek di negara masing-masing. Jangan lupa disimpan dokumennya, teman-teman! Karena dokumen tersebut memiliki nomor permohonan yang dapat dijadikan patokan untuk monitoring progres Merek kamu di luar negeri.

Untuk bantuan permohonan pendaftaran Merek di Thailand, pendaftaran Merek di Malaysia, pendaftaran Merek di Singapura, pendaftaran Merek di Vietnam, pendaftaran Merek di Filipina, pendaftaran Merek di Brunei, pendaftaran Merek di Cina, pendaftaran Merek di Korea Selatan, pendaftaran Merek di Australia, pendaftaran Merek di luar negeri, silahkan hubungi kami di [email protected]